Petani Tembakau Butuh Fasilitas Kemitraan dengan Usaha Besar

Posisi tawar petani tembakau lemah dalam pemasaran karena petani tembakau bekerja sendiri-sendiri dan tidak terorganisir. Untuk itu diperlukan wadah kerjasama dan organisasi yang dapat mengkoordinir kebutuhan anggota serta fasilitas kemitraan UMKM petani tembakau dengan industri tembakau.

Demikian dikatakan Kadis Koperasi dan UKM Provsu dalam sambutannya yang dibacakan Kabid Fasilitas Pembiayaan dan Sarana Salmek Saragih SH MHB dalam pembukaan kegiatan Fasilitas Kemitraan UMKM Petani Tembakau dengan Usaha Besar dalam pengadaan bahan baku tembakau, Jumat (30/12) di Hotel Putra Mulia Medan.

Dijelaskan, kemitraan yang baik tentu akan memberikan dampak yang baik bagi kedua belah pihak. “Agar tercipta kemitraan yang baik, diperlukan kemandirian masing-masing pihak yang mampu memberikan kontribusi dan manfaat bagi kemitraan yang telah terbentuk,” ujarnya.

Karena itu Zein berharap agar ada penyamaan persepsi pengembangan, pembentukan sprit yang sama untuk menyukseskan melalui partisipasi, membangun kesadaran bersama atas segala potensi positif dan resiko yang mungkin muncul ketika arahan pengembangan dijalankan.

“Dalam kesempatan ini saya mendorong petani tembakau yang belum bergabung dalam wadah koperasi agar segera membentuk koperasi, dan yang sudah tergabung dalam badan usaha koperasi agar mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sebelum menjalin kemitraan dengan industri tembakau,” harapnya.

Ditambahkan Zein, koperasi dan UMKM merupakan nadi perekonomian bangsa, sehingga semakin meningkat kapasitas koperasi dan UMKM, maka secara otomatis kesejahteraan rakyat juga meningkat.

“Untuk itu marilah kita secara bersama-sama bergandeng tangan memberikan kontribusi dalam meningkatkan koperasi di Sumut,” pungkasnya.

Sementara Ketua Panitia Hj Irma Arianti melaporkan, kegiatan berlangsung selama 2 hari 29-30 Desember 2016 dengan jumlah peserta 75 orang, berasal dari petani tembakau dari Tapanuli Utara, Simalungun, Hubang Hasundutan, Dairi, Karo, Mandailing Natal dan Langkat. (A14/c)

Sumber: Harian SIB

Related Posts

Leave A Comment

*