Optimalkan Komoditi Tembakau, Kembangkan Areal dan Produksi

suarasurabaya.net| Kantor Perkebunan Kabupaten Lumajang saat ini juga tengah memacu instansinya untuk meningkatkan kesejahteraan petani, khususnya yang membudidayakan tanaman tembakau.

Pada tahun 2012 ini, Pemkab Lumajang akan menggenjot budidaya tanaman ini dengan mengadakan pengembangan areal produksi tembakau serta meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan mengadakan pelatihan petani dan pelaku agribisnis tembakau.

”Kegiatan ini dilaksanakan sejak Selasa lalu dengan bertempat di Hotel Agung Lumajang. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Ketua Gapoktan atau Gabungan Kelompok Tani Kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Lumajang, penyuluh lapang dan petani tembakau,” demikian kata Ir. Timbang, MM Kepala Seksi (Kasi) Usaha Tani pada Kantor Perkebunan Kabupaten Lumajang, Senin (13/2/2012).

Ir Timbang, MM kepada Sentral FM Lumajang menyampaikan, tujuan pelaksanaan rapat koordinasi perencanaan pengembangan areal dan produksi tembakau tahun 2012 ini, adalah untuk menyamakan persepsi antara petani tembakau dan pengusaha tembakau.

”Dimana, nantinya budidaya yang dilakukan diharapkan bisa mencukupi kebutuhan tembakau yang diinginkan sesuai ketentuan,” tambahnya.

Dikatakannya ada 4 macam jenis tembakau yang saat ini dikembangkan di wilayah Kabupaten Lumajang. Diantaranya, tembakau jenis White Barley, Kasturi Rajang, Kasturi Grosok dan Lumajang Biru.

”White Barley merupakan ikon tembakau di wilayah Kabupaten Lumajang. Untuk masa tanam dari 4 jenis tembakau tersebut, masa panennya antara 4 sampai 5 bulan, baru bisa di petik hasilnya. Sedangkan, untuk pemasarannya melalui pengusaha tembakau dibeli pengusaha Tembakau,” paparnya.

Seputar pengadaan benih atau bibit tembakau yang bisa dibudidayakan para petani tembakau di Kota Pisang ini, Kasi Usaha Tani pada Kantor Perkebunan Kabupaten Lumajang ini juga menuturkan, pengusaha akan membantu pengadaannya. ”Sebagian ada yang cuma-cuma dan juga ada yang mengganti,” ujarnya.

Sedangkan untuk perajangan tembakau, tambah Ir Timbang, MM, pemerintah melalui Kantor Perkebunan Kabupaten Lumajang akan membantu mesin rajang yang digerakan listrik. ”Pengusaha tembakau juga akan membantu para petani yang sifatnya dipinjamkan. Sehingga diharapkan, hasilnya bisa tercapai secara maksimal hingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani tembakau di Kota Pisang ini,” pungkasnya.(her/ipg)

Related Posts

Leave A Comment

*