Nasib Petani Tembakau Lombok Timur di Ujung Tanduk

Lombok Timur – Kondisi cuaca yang akhir-akhir ini sangat ekstrim dan menyebabkan sering turunnya hujan di beberapa wilayah Kabupaten Lombok Timur. Menyebabkan kekhawatiran bagi para petani tembakau virginia. Kenapa tidak, hal ini sangat mempengaruhi kualitas dan produksi tanaman tembakau Lombok Timur.Di wilayah sentra produksi tembakau seperti Kecamatan Keruak, Sakra Barat, Sakra Timur, Sakra Tengah, Montong Gading, Terara, Sikur, Suka Mulia dan Masbagik. Jumlah tanaman tembakau untuk musim tanam 2010 ini mengalami penurunan sekitar 15%. Hal ini ini juga dipengaruhi oleh supply minyak tanah untuk pengovenan tembakau, telah dicabut subsidinya.

Belum lagi Pemprov NTB menyarankan para petani tembakau untuk menggunakan batu bara sebagai bahan bakar oven, yang pastinya para petani hampir keseluruhannya belum tahu teknis dan cara menggunakannya.

Saat ini, para pengusaha tembakau sudah diambang kepanikan, terutama yang menggunakan modal dari hasil pinjaman yang sudah pasti dengan bunga yang tinggi. Akan tetapi, kenapa pemerintah yang terkait tidak memiliki kepedulian terhadap mereka. Padahal, tembakau Virginia Lombok Timur memiliki kualitas yang terbaik se Indonesia menurut hasil survey tahun 2009.

Related Posts

Leave A Comment

*