Mentan: Petani Cuma Butuh Tanaman Pengganti Tembakau

MEDAN – Menteri Pertanian Suswono mengklaim pihaknya sangat menyokong keberadaan para petani tembakau meski Rancangan Peratutan Pemerintah (RPP) tentang tembakau nantinya akan disahkan. Menurutnya, petani hanya butuh tanaman pengganti untuk memenuhi kebutuhan mereka.

“Kita sangat peduli dengan nasib petani tembakau. Bahkan kita sering berkomunikasi dengan para petani. Jadi sebenarnya mereka cuma butuh tanaman pengganti yang nilainya sama dengan tembakau. Intinya kan mereka tetap punya penghasilan,” ujar Suswono di VIP Bandara Polonia, Medan, Jumat (30/12/2011).

Meski dituding akan terjadi genosida petani tembakau jika RPP itu disahkan, Suswono tidak sependapat sepenuhnya. Menurutnya perubahan iklim juga menyebabkan petani tembakau kerap gagal panen, sehingga menimbulkan kerugian bagi petani itu sendiri.

“Persoalan jugakan bukan karena dari RPP, tapi perubahan iklim juga membuat petani tembakau gagal panen. Itu jugakan faktor,” jelasnya.

Salah satu tanaman pengganti yang menurutnya cocok adalah jenis tanaman holticultura. Bahkan dia tak nemampik, jika dikelola dengan benar tanaman holtikultura dapat memberikan penghasilan besar bagi petani.

Namun demikian, jika tanaman pengganti belum didapat, dia mengaku pihaknya akan terus melakukan pembinaan terhadap para petani.

“Tanaman-tamaman holtikultura, bunga, sebetulnya juga sangat menguntungkan,” sarannya. (ade)

Related Posts

One Comment

  1. wahyudi
    17 January 2012 at 10:04 Reply

    Pak Menteri jangan asal bicara petani tembakau mana yg butuh tanaman pengganti tembakau , para ahli juga jangan pada diam diuji tanaman tembakau bisa untuk obat2an tidak hanya untuk rokok

Leave A Comment

*