Menelusuri Penghasil Tembakau Terbesar di Rembang

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Rembang, Susilo Hadi, mengatakan di Rembang terdapat ribuan hektar tanaman tembakau, yang terhampar di 102 desa, dari 11 kecamatan.

Pekerja merawat tanaman tembakau di lahan pertanian milik warga, yang ikut dalam kemitraan, di Desa Selopuro, Kecamatan Lasem, Rembang

Pekerja merawat tanaman tembakau di lahan pertanian milik warga, yang ikut dalam kemitraan, di Desa Selopuro, Kecamatan Lasem, Rembang

“Dari 14 kecamatan, yang tak ada tanaman tembakaunya cuma di Kecamatan Kaliori, Sluke, dan Kragan,” ucapnya.
Dikatakan, selama sekitar empat tahun sistem IPS berlangsung, jumlah petani dan lahan yang ditanami tembakau terus meningkat. Hingga saat ini terdapat sekitar 7.000 petani, dengan luas lahan mencapai lebih dari 2.000 hektar.

Sementara, dalam SE Gubernur Jateng nomor 525.23/001176, menyatakan areal tanam tembakau di Rembang mencapai 2.500 hektar.

Satu hektar lahan, rata-rata menghasilkan 1,7 ton tembakau. “Kecamatan penghasil tembakau tertinggi adalah Sulang dan Sumber. Kedua kecamatan itu hampir menyumbang 50 persen dari total produksi,” katanya.

Menurut dia, pihaknya sangat mendukung penanaman tembakau dengan sistem kemitraan dan Integrated Production System (IPS). Berbagai bantuan telah disalurkan, meski harus diakui belum sepenuhnya bisa memenuhi ekspektasi dari petani.
“Sebagai tanaman alternatif di musim kemarau, tembakau sangat menguntungkan. Tembakau tak mengurangi lahan pertanian untuk pangan, sebab biasanya di sini ditanam di lahan kritis saat kemarau,” ujarnya.

Senada disampaikan Ketua Aliansi Masyarakat Tembakau, Budidoyo Siswoyo. Menurutnya, sistem kemitraan memberikan keuntungan bagi petani.

“Selain pengawasan dan pembinaan saat tanam, petani juga mendapat kepastian pasar,” ujarnya.

Disampaikan, saat di Rembang sistem kemitraan tersebut berjalan cukup baik. Dikatakan, saat ini ribuan petani di Rembang bermitra dengan PT. Shadana Arifnusa, yang memasok tembakau untuk perusahaan rokok Sampoerna.(*)

Sumber: Tribunnews

Related Posts

Leave A Comment

*