Disbun Jabar Terapkan Teknologi Demplot Bagi Tembakau

Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat melakukan demontration plot (Demplot) penerapan teknologi pelestarian lahan tembakau di 6 lokasi dengan kemiringan lereng dan perlakuan yang berbeda-beda.

Kepala Bidang Perkebunan Beben Tresna Chandra mengatakan demplot perkebunan ini ditujukan untuk mencapai keberlanjutan produktivitas lahan agar sumber daya lahan tembakau memiliki kemampuan lahan yang tinggi dan tidak merusak lingkungan.

Disbun Jabar Terapkan Teknologi Demplot Bagi Tembakau

Salah satu teknologi yang disarankan berdasarkan hasil survei lokasi adalah penerapan teknologi konservasi tanah secara vegetatif dan mekanik.

“Konservasi tanah vegetatif mencakup semua tindakan konservasi yang menggunakan tumbuh-tumbuhan yang ditujukan untuk mengendalikan erosi dan aliran permukaan pada lahan pertanaman tembakau,” ujarnya, Selasa (15/12).

Sedangkan konservasi tanah mekanik atau metode sipil teknis merupakan perlakuan fisik mekanis yang diberikan terhadap tanah dan pembuatan bangunan yang ditujukan untuk mengurangi aliran permukaan dan erosi serta meningkatkan kelas kemampuan lahan.

Untuk mencapai hasil maksimum dalam mengendalikan erosi dan aliran permukaan, ujarnya, setiap lokasi disarankan melakukan kombinasi tindakan konservasi tanah vegetatif dan mekanik sesuai dengan karakteristik lahan.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, maka untuk lokasi pertama yang nota bene memiliki kemiringan lereng pada bagian bawah lereng 10-15% dan pada bagian atas lereng lebih dari 25%, dianjurkan pada lereng bawah dibuat teras gulud yang dibuat melintang.

Sumber: Bisnis.com

Related Posts

Leave A Comment

*