Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau Bermanfaat untuk Koperasi dan UKM Daerah Penghasil

Koperasi dan UKM daerah penghasil tembakau se-Sumut disosialisasikan tentang pengelolaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Hal itu mengacu pada UU No 39 tahun 2007 tentang perubahan atas UU No 11 tahun 1995 tentang cukai.

Demikian dikatakan, Kadis Koperasi dan UKM Provsu Drs M Zein Siregar MSi pada pembukaan Pembinaan dan Pemberdayaan bagi Koperasi dan UKM di daerah penghasil tembakau se-Sumut, Jumat (23/12) di Putra Mulia Hotel Medan.

Dijelaskan Zein, Pemprovsu saat ini mengelola Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau untuk meningkatkan pembinaan industri dan lingkungan sosial. “Seluruh program yang dibiayai DBHCHT ini juga akan disinergikan dalam mendukung visi pemerintah dan mensejahterakan rakyat,” ujarnya.

Dana bagi hasil cukai hasil tembakau berasal dari rakyat dan dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat. Karena itu DBHCHT dipergunakan untuk meningkatkan koperasi dan UKM, sebab koperasi dan UKM merupakan urat nadi perekonomian bangsa.

“Yang menjadi tantangan koperasi dan UKM saat ini di era informasi dan komunikasi, yaitu perlu meningkatkan kemampuan dalam bidang informasi dan komunikasi sehingga dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada,” ungkapnya.

Pembinaan dapat bermanfaat untuk memperkuat permodalan koperasi dan meningkatkan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam berbagai kegiatan ekonomi masyarakat sebagai program KUR dan LPDB-KUMKM. Adanya koordinasi dan komunikasi antara koperasi dan UKM di daerah penghasil tembakau dengan pemerintah sehingga fasilitas yang diberikan tepat sasaran dan berdaya ungkit tinggi. Menyederhanakan perizinan yang terkait dalam pengembangan koperasi dan UKM.

Sementara Ketua Panitia Berta Rohani melaporkan, kegiatan pembinaan dan pemberdayaan koperasi dan UKM dilaksanakan 2 hari 22, 23 Desember 2016. Peserta 100 orang berasal dari 6 kabupaten/kota, Medan, Deliserdang, Serdang Bedagai, Tebing, Binjai dan Langkat. Hadir dalam acara itu Kabid Fasilitas Pembiayaan dan Sarana Salmek Saragih MHB. (A14/q)

Sumber: Harian SIB

Related Posts

Leave A Comment

*