Cara Jitu Manfaatkan Tembakau Sebagai Pestisida Alami

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tembakau, mendengar kata itu yang terbersit pertama kali dalam otak pasti racun yang terkandung dalam rokok. Beberapa orang bahkan meyakini bahwa tak ada secuil pun manfaat positif dari tembakau. Eitss, jangan salah, tembakau ternyata juga memiliki manfaat lho!

Berikut JITUNEWS uraikan tujuh manfaat tembakau yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan berkebun Anda. Semoga bermanfaat yah!

1. Membunuh Serangga. Rendam sebatang rokok di dalam satu liter air dan diamkan semalam. Nikotin akan dilepaskan ke dalam air dan larutan dapat disemprotkan ke tanaman untuk membunuh serangga.

2. Mencegah Serangan Kutu Tanaman. Siapkan campuran yang terdiri atas setengah cangkir bubuk bawang putih, satu cangkir kompos, dan satu cangkir tembakau. Sebarkan campuran ini di sekitar pangkal tanaman untuk mencegah serangan kutu tanaman.

3. Mencegah Penyakit Daun Menggulung. Campur larutan tembakau dengan bubuk pyrethrum dan semprotkan pada daun untuk mencegah penyakit daun menggulung. Penyakit ini disebabkan larva serangga yang menggulung daun untuk dijadikan tempat tinggalnya.

4. Cegah Hama Pengerek. Sebarkan tembakau di sekitar pangkal pohon persik untuk mencegah hama penggerek.

5. Membasmi Kelabang. Jika Anda memiliki masalah kelabang, basahi tanah dengan campuran air, bawang putih dan tembakau. Kelabang bisa menimbulkan masalah karena memakan tanaman yang masih muda.

6. Basmi Tikus Tanah. Jika Anda memiliki masalah dengan tikus tanah, sebarkan tembakau pada lubang yang menjadi sarang mereka.

7. Menyingkirkan Laba-Laba. Masukkan tembakau ke dalam sepanci air mendidih. Biarkan dingin dan saring. Tambahkan setengah cangkir sabun cair wangi lemon. Semprotkan larutan ini di sekitar halaman untuk menyingkirkan laba-laba.

Perlu diketahui, karena nikotin merupakan racun, pastikan untuk tidak menyemprot di daerah tempat anak bermain. Jauhkan juga larutan ini dari tanaman mawar. Ini akan membuat mawar berubah menjadi hitam.

Nah, selamat mencoba yah!

Sumber: Jitunews

Related Posts

Leave A Comment

*